Unit Link versus Reksadana

Produk Unit Link sangat menarik untuk dibahas selain produk ini sedang Booming di Indonesia, produk ini penuh dengan berbagai sisi yang perlu di ungkap. Para Agen Unit Link yang nama kerennya "Finansial Advisor atau Finansial Planner" selalu mengatakan bahwa Unit Link adalah Investasi Jangka Panjang. Pada prinsipnya unit link punya dua sisi atau porsi yaitu asuransi dan investasi, dimana porsi investasi ditempatkan di reksadana. Disini saya akan memberikan analasis perbandingan yang fair antara penempatan dana di Unit Link yang katanya Investasi Jangka Panjang itu dengan penempatan dana di Reksadana.
  • Unit Link berisi asuransi dan investasi; Reksadana berisikan investasi murni.
  • Unit Link produk racikan perusahan asuransi dan dibantu oleh pengelola investasi: Reksadana dikelola murni oleh pengelola investasi (Manajer Investasi).
  • Unit Link merupakan produk mahal yang teratur maksudnya anda harus melakukan pembayaran premi secara teratur baik secara bulanan maupun tahunan tentunya jumlah rupiah yang anda keluarkan cukup mahal; Reksadana produk yang fleksibel "ada uang tambah investasi, tidak ada uang tidak perlu tambah investasi".
  • Unit Link berbiaya tinggi "terdapat biaya akuisisi dan biaya pengelolaan"; Reksadana biaya ekonomis yaitu hanya pada biaya pengelolaan investasi.
  • Unit Link terdapat biaya Top up; Reksadana tidak ada biaya Top up.
  • Unit Link monitoring kinerja investasi tidak transparan sehingga lebih beresiko; Reksadana monitoring kinerja investasinya transparan dan akuntabel.
  • Unit Link anda tidak bisa mengganti pengelola investasi anda "MoU ada antara Perusahaan Asuransi dengan Manajer Investasi; Reksadana anda dapat dengan mudah mengganti pengelola investasi anda.
  • Unit Link proses pencairan dana Investasi lebih lama karena lebih banyak pihak yang berkepentingan.
Sekian analisis dari saya semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Catatan: Dalam berinvestasi hanya perubahan yang abadi karena itu Anda diwajibkan untuk mengakomodasi setiap perubahan agar mendapatkan hasil investasi yang Optimal.

avivdeny

Saya ingin kembali ke Jakarta (Berdoa dan Berusaha).

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form